Umpan Ikan Lele Babon Harian Paling Jitu (Siang/Malam)

Kegiatan memancing memang sangat menyenangkan, apalagi jika tangkapannya berupa ikan yang nantinya bisa dimakan menjadi lauk. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan juga ialah umpan ikan lele harian paling jituyang biasanya menjadi sasaran pemancing lalu hasilnya akan dijual.

Poin yang Harus Diperhatikan saat Mancing Lele Harian

Sebelum melakukan aktivitas memancing, ada baiknya Anda mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan.Seperti halnya peralatan memancing dan juga umpan yang menjadi salah satu faktor paling berpengaruh karena mampu mempengaruhi pendapatan pancingan Anda.

1.Memilih Tempat Ataupun Spot yang Pas

Sebelum memancing ikan satu ini, ada baiknya Anda perhatikan tempatnya terlebih dahulu. Biasanya ikan lele akan lebih menyukai kolam yang memiliki galian tanahnya yang cukup dalam. Akan tetapi, jika memancing pada saat siang hari carilah tempat yang agak teduh untuk menghindari matahari.

Tak hanya itu saja, saat memancing lele saat siang hari pastikan Anda berada di dekat lubang yang ada di sekitar kolamnya. Mengapa harus begitu? Itu karena ikan lele sangat menyukai bersembunyi pada lubang tersebut saat hari masih terang seperti siang.

2.Memilih Mata Pancing serta Benang

Dalam melakukan aktivitas mancing lele harian ada baiknya Anda menggunakan mata pancing yang memiliki ukuran sekitar delapan hingga sepuluh atau bahkan dapat dikondisikan sesuai kolamnya. Sedangkan benang pancingnya diusahakan berukuran paling tidak 3 kg.

Usahakan juga benang pancing tidak berwarna terang. Nah, untuk dapat melihat apakah pancingan / umpannya sudah dimakan atau belum, ada baiknya Anda menggunakan pelampung yang sedikit lebih tinggi dari biasanya.

3.Umpan yang Digunakan dalam Memancing Ikan Lele

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya ialah umpan yang nantinya digunakan untuk memancing ikan lele. Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang jenis umpan seperti apa yang biasanya disukai oleh ikan lele tersebut.

Ikan lele ini termasuk ke dalam jenis hewan air omnivora atau biasanya disebut pemakan segala. Jadi, umpan untuk dapat memancing mereka meliputi ulat, serangga, potongan belut, dan binatang kecil lainnya.

4.Selera Umpan untuk Ikan Lele

Ikan lele ini biasanya termasuk tipe hewan air yang sangat suka makan apalagi di malam hari, hal ini membuat para pemancing harus mengetahui terlebih dahulu makanan apa yang disukai olehnya. Oleh karena itu, perlu diperhatikan agar ikannya mudah terpancing.

Poin penting untuk menarik perhatian ikan lele yaitu, apabila umpan pertama tidak membuat ikan tersebut memakannya (paling tidak masih ada umpan selanjutnya). Dengan memberikan umpan berbeda-beda, tentu saja mampu merangsang selera mereka agar mudah terpancing.

5.Benang Pancing Sering Ditabrak

Biasanya ikan lele itu mudah sekali tidak berselera dalam urusan makanan. Hal ini menyebabkan umpan yang sudah Anda buat hanya akan dilewati saja. Namun, terkadang mereka akan menyentuh benang pancing saat dalam mode merajuk / tak ingin memakannya.

Oleh karena itulah, saat Anda merasakan ada yang bergoyang pada pancingan segeralah untuk menarik pancing, siapa tahu ikan lele akan ikut terpancing juga. Dalam hal ini, benang pancing yang kuat sangat dibutuhkan.

Umpan Lele Harian Susah Makan Paling Jitu

Biasanyabagi ikan lele yang susah makan ini, masih ada cara lain untuk dapat memancing dengan umpan terbaik. Bagi para pemancing yang tak pernah patah semangat setelah mengetahui targetnya tak mau memakan umpannya, hal tersebut bukanlah suatu masalah besar.

Justru mereka akan terkadang membuatracikan umpan sendiri. Namun, masih ada umpan yang ampuh bagi ikan lele yang susah makan ini diantaranya:

  • Cacing
  • Jangkrik
  • Orong-orong
  • Katak Kecil
  • Usus Ayam
  • Daging
  • Kadal
  • Rumput
  • Cicak Bakar
  • Ikan Kecil

Memang banyak sekali macamnya, Anda hanya perlu memilih salah satunya saja atau yang paling mudah didapatkan seperti halnya cacing. Akan tetapi, jika ikan lele masih tak mau makan umpan tersebut Anda bisa pakai umpan lain.

Umpan Lele Harian Siang Hari

Ikan lele termasuk ke dalam jenis hewan omnivora yaitu pemakan segala. Tak heran jika saat di siang hari sekalipun, mereka tampak aktif dan mudah untuk dipancing. Mengingat para pemancing akan selalu membawa berbagai macam umpan sebagai bentuk antisipasi.

Salah satu umpan yang biasanya digunakan para pemancing di siang hari adalah umpan yang dibuat dari campuran daging sapi, cacing sutra, cacing dan masih banyak lagi. Umpan ini juga bisa Anda buat sendiri atau biasa disebut sebagai racikan yang terdiri dari bahan hewani.

Cara membuatnya pun tak begitu sulit, jadi Anda bisa mencari referensi bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat racikan umpan agar memancing ikan lele di siang hari mendapatkan jumlah yang banyak.

Umpan Ikan Lele Harian Malam Hari

Sedangkan untuk memberi umpan pada lele di malam hari mudah saja dilakukan, mengingat ikan ini merupakan jenis hewan air yang sangat aktif saat malam tiba. Setiap jenis pakan yang ditebar atau bahkan saat dipancing, mereka dengan mudahnya terpancing.

Umpan ikan lele di malam hari ini sama sekali berbeda dengan jenis babon. Salah satu umpan lele di saat malam ini meliputi:

  • Cacing Sutera
  • Jangkrik
  • Laron
  • Kijing Maupun Jenis Kerang Lain
  • Kelomang
  • Kepiting Laut dan Sawah
  • Daging Sapi Giling Dan Ayam
  • Dan Masih Banyak Lagi

Memancing ikan lele di saat malam hari merupakan pilihan yang sangat tepat, Anda pasti bisa mendapatkan paling tidak satu hingga dua lele untuk dibawa pulang. Itu karena mereka selalu aktif beraktivitas saat malam.

Umpan Ikan Lele Babon Harian Gacor

Selanjutnya membahas umpan bagi ikan lele jenis babon. Umpan yang biasanya digunakan oleh para pemancing ini sebenarnya hampir sama saat memancing ikan lele pada saat malam hari. Hanya saja, mereka selalu mencampurkan atau membawa cadangan lain.

Untuk dapat memancing ikan lele babon harian, siapkan beberapa umpan diantaranya campuran dari daging sapi, cacing sutera dan tanah, cicak, katak sawah dan masih banyak lagi. Anda cukup pilih salah satu saja.

Biasanya dari jenis umpan tersebut para pemancing lebih memilih untuk membawa semuanya. Hal ini dilakukan dalam bentuk antisipasi di saat ikan lele tidak memakan umpan pertama maka selanjutnya lele tersebut bisa terpancing.

Umpan Ikan Lele Kolam Harian Jos

Dalam rangka memancing ikan lele kolam harian ini sebenarnya memiliki kemiripan bahan pada umpan pada umumnya. Biasanya pemancing akan lebih suka jika umpannya berupa laron, cacing tanah, ulat dari daun pisan dan lain-lain.

Umpan ikan kecil, jangkrik, cacing sutera, udang, cacing kalung pun tak lepas dari genggaman mereka. Dari banyaknya jenis umpan, lebih baik di bawa semua ke tempat memancing untuk antisipasi jika ikannya tidak berselera memakan umpannya.

Untuk ikan lele kolam harian ini biasanya banyak para pemancing yang merasa nyaman, mengingat kolam dan ikan lele yang sangat mudah dideteksi. Biasanya dalam siang hari, lele akan bersembunyi dekat area lubang.

Racikan Umpan Lele Empang Harian

Sebuah racikan istimewa dalam memancing ikan lele empang harian memiliki banyak jenisnya, termasuk racikan yang menggunakan bahan dasar hewani seperti belut goreng atau dikukus dan dipotong kecil, jangkrik, udang, ulat dari daun pisang.

Tak hanya itu saja bahan hewani lainnya bisa didapatkan dari cacing tanah, laron yang memiliki sayap, ikan teri, daging keong mas, dagingnya bekicot. Dari semua bahan tersebut lalu dicampurkan menjadi satu di dalam air hangat kemudian diaduk hingga merata lalu dibentuk menjadi bulatan kecil.

Cara membuat racikan untuk umpan lele empang harian sebenarnya tak begitu rumit, hanya saja bahan dasar yang diperlukan sangat banyak. Dari banyaknya jenis racikan dalam pembuatan umpan ada beberapa peracikan paling dibutuhkan yaitu berbahan pelet PF, udang dan campuran bawang putih.

Umpan Lele Air Hijau Harian

Dalam proses memancing ikan lele di air hijau sebenarnya umpan yang digunakan hampir sama seperti saat memancing lele pada siang dan malam hari. Akan tetapi, kebanyakan para pemancing lebih nyaman jika membuat umpan sendiri.

Salah satu umpan yang biasanya paling mudah untuk digunakan dalam memancing ikan lele adalah oseng-oseng ikan mas, jangkrik, adonan dari bahan ulat hongkong, lele bakar, dan masih banyak lainnya. Dijamin dengan menggunakan bahan dasar tersebut lele mudah terpancing.

Sama halnya dengan proses memancing ikan lele pada kondisi apapun, para pemancing harus membawa setidaknya satu atau dua umpan sebagai bentuk antisipasi jika ikan lelenya tak mau memakan umpan pertama.

Umpan Lele Harian Harian Air Keruh

Bagi Anda yang ingin memancing ikan lele akan tetapi kolamnya memiliki warna air keruh, jangan khawatir karena semuanya bisa dilakukan dengan menggunakan umpan terbaik agar ikan lele mampu terpancing dengan sempurna.

Salah satu rekomendasi bagi para pemancing yang ingin memancing ikan lele dalam air keruh ialah menggunakan umpan berupa jeroan ayam seperti usus dan ati. Namun, sebelum itu ada baiknya bahan dasar tersebut ditumbuk sampai halus.

Tak hanya itu saja, masih ada rekomendasi bahan dasar untuk membuat umpan agar ikan lele mampu terpancing dengan cepat yaitu menggunakan umpan berupa cacing dan juga ulat yang berasal dari pohon pisang.

Begitulah penjelasan lengkap yang baru saja dipaparkan terkait dengan umpan ikan lele harian paling jituyang mungkin bisa Anda coba di rumah dan praktekkan langsung saat memancing. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar